Minggu, 30 September 2012

manajemen peserta didik




MANAJEMEN PESERTA DIDIK


Manajemen peserta didik proses kegiatan yang direncanakan dan dilakukan secara sengaja serta pembinaan secara kontinu terhadap peserta didik agar dapat mengikuti KBM secara efisien dan efektif demi tercapainya tujuan pendidikan. Manajemen peserta didik di lakukan oleh sekolah sejak penerimaan peserta didik sampai ia lulus.
Manajemen peserta didik menunjuk kegiatan luar dan dalam sekolah. Kegiatan dalam sekolah meliputi penerimaan peserta didik baru, pencatatan peserta didik baru, pembagian seragam sekolah, pembagian kartu anggota OSIS, dan pembinaan kesejahteraan peserta didik. Sedangkan dalam sekolah meliputi pengelolaan kelas, intraksi KBM yang positif, perhatian guru terhadap dinamika kelompok belajar dan tat tertib kelas, presensi secara kontinu, pelaksanaan jadwal pelajaran, pembentukan pengurus kelas, dan penyediaan alat belajar.
Peserta didik pada hakekatnya adalah penerus bangsa, sehingga harus dipersiapkan dan dihindarkan dari kendala yang dapat menghambat peserta didik. Sehingga perlu adanya Pembinaan peserta didik. Maksud akan hal ini adalah mengusahakan agar peserta didik dapat tumbuh dan berkembang sebagai insan seutuhnya. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan inisiatif peserta didik. Sehingga peserta didik bisa terhindar dari kenakalan remaja yang sering terjadi pada masa sekarang.
Kenakalan Remaja memang masalah yang sangat kompleks pada masa sekarang ini. Yang baru- baru ini terjadi adalah tawuran pelajar yang melibatkan SMA 6 Jakarta dan SMA 70 Jakarta. Selain tawuran pelajar terdapat beberapa kenakalan remaja lainnya diantaranya Ngebut, peredaran pornografi di kalangan pelajar, Berpakaian yang tidak pantas, Coret-coret tembok maupun meja dan lainnya. Oleh karena itu perlu diadakannya manajemen peserta didik untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar